Karakter Temperamen Bagian 4: Phlegmatis

Diposting oleh: Christian Hanggra | Senin, 27 Agustus 2012, 17:52:22 WIB
Dibaca:1517Komentar:0
Label: , ,
Share with:
Karikatur temperamen phlegmatis
Karikatur temperamen phlegmatis
HATIKUPERCAYA.com - Kaum phlegmatis umumnya memiliki sifat alamiah pendamai, simple, agak diam, tidak suka kekerasan. Merupakan orang yang mudah diajak bergaul, rendah hati dan ramah. Bahkan paling menyenangkan diantara semua temperamen. Ia adalah tipe orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak - bahak dengan "humor-humor keringnya" meski ia sendiri tidak tertawa.

Pribadi mereka sangat konsisten, tenang, sabar, gampangan, tidak tergesa-gesa dan jarang terpengaruh dengan lingkungannya, tidak pernah terlihat gelisah dan tak pernah terhasut bagaimanapun keadaan sekitarnya. Dibalik pribadinya yang dingin dan malu - malu, sesungguhnya ia memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakan emosi yang terkandung di dalam sesuatu.

Ia pintar sekali menyembunyikan kemarahan dan emosi pribadi, bahagia menerima kehidupan apa adanya. Di dalam pekerjaan ia merupakan orang yang cakap dan mapan. Mudah sepakat dan memiliki kemampuan administratif, penengah masalah dan bekerja dengan baik di bawah tekanan, dan selalu menemukan solusi yang mudah. Dengan kesabaran, simpati, empati, dan ketenangan yang dimilikinya, orang phlegmatis bisa menjadi pemimpin yang hebat dan disenangi oleh bawahannya. Dalam pergaulan pun bisa menjadi pendengar yang baik, punya belas kasih yang besar dan perhatian. Dalam dunia kerja mereka bisa sukses menjadi konselor, senator, staff administrasi, dalam bidang hukum, dan ahli strategi.

Seorang phlegmatis sangat baik dalam menerima perintah. Satu hal yang sangat sulit dilakukan oleh mereka adalah berkata "tidak". Mereka memiliki sifat menyerah dan suka menyenangkan orang lain. Mereka akan berusaha melakukan apa yang diinginkan oleh orang lain. Sifat tidak tegas ini sering kali disalahgunakan oleh orang dengan tipe kepribadian lain untuk memanfaatkan atau memanipulasinya. Mereka bisa dengan mudah dibujuk untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin mereka lakukan, atau membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Ini semua karena mereka ingin menyenangkan orang lain dan menghindari konflik. Mereka Suka akan hal yang sama atau status quo. Ini disebabkan mereka senang dengan keadaan, bila mereka bisa mendapatkan kestabilan. Mereka tidak menyukai kejutan. Itulah sebabnya mereka senang makan di tempat yang sama, menonton film di tempat yang sama, mengunjungi tempat hiburan yang sama, menginap di hotel yang sama, memesan menu makanan yang sama, pergi ke pusat perbelanjaan yang sama, dan hal-hal yang sama lainnya.

Tuhan menciptakan watak phlegmatis yang damai sebagai orang istimewa untuk menjadi bantalan bagi emosi tiga watak lainnya, untuk memberikan kestabilan dan keseimbangan. Phlegmatis yang damai meredakan rencana gila orang Sanguinis yang Populer. Mereka tidak mau menjadi terlalu terkesan dengan keputusan cemerlang seperti orang Koleris yang Kuat. Juga tidak menganggap terlalu serius rencana rumit orang Melankolis yang Sempurna. Phlegmatis yang damai adalah pemberi keseimbangan besar bagi kita semua, yang memperlihatkan kepada kita "Ini tidak penting sekali". Dan dalam jangka panjang, memang itu tidak benar-benar penting. Sementara Koleris adalah “Pemimpin bawaan sejak lahir”, Phlegmatis adalah “Pemimpin karena belajar”, dan dengan motivasi yang semestinya bisa menanjak ke puncak karena kemampuannya yang menonjol untuk menyesuaikan diri dengan orang lain.

Karena sifatnya yang menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, ia cenderung menarik diri dari segala macam keterlibatan dan masalah. Hal inilah yang sering kali menghambatnya untuk menunjukkan kemampuannya secara total dan maksimal sehingga terkesan menjadi cenderung pasif terlalu santai dan seperti pemalas dan tidak berpendirian atau berprinsip teguh. Mereka juga tipe penonton - kurang aktif dan kurang berinisiatif. Mereka lebih suka berada di belakang layar dan tidak senang menjadi pusat perhatian.

Sumber Artikel: Berbagai Sumber

 A-  A   A+   Rating:
Komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.
Kirim Komentar Anda
Nama
Email
Komentar
 Max Karakter
Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar di bawah.
Klik disini untuk reload kode pengaman.
* Jika anda member Hatikupercaya.com, silahkan Login atau Register
Pembaca dapat mengirimkan komentar artikel terkait yang ditampilkan dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Setiap komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Hatikupercaya.com akan menimbang setiap komentar yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menampilkan atau menghapus komentar tersebut.

Hatikupercaya.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
 
or
Username
Password