Karakter Temperamen Bagian 2: Sanguinis

Diposting oleh: Christian Hanggra | Senin, 27 Agustus 2012, 17:39:57 WIB
Dibaca:865Komentar:0
Label: , ,
Share with:
Karikatur temperamen sanguinis
Karikatur temperamen sanguinis
HATIKUPERCAYA.com - Seorang sanguin adalah seorang yang periang, hangat, bersemangat dan menyenangkan. Secara alamiah, ia adalah seorang yang terbuka dan mudah memberikan sambutan. Sanguin suka berbicara bahkan mendominasi pembicaraan. Ia boleh disebutkan sebagai orang yang superekstrovert (kebalikan dari introvert, sifat terbuka). Ia mempunyai kapasitas yang luar biasa untuk menyenangkan dirinya dan orang lain. Pada saat ia bergabung dengan sekelompok orang, ia akan segera mengangkat semangat semua orang dengan kata-kata, lelucon yang diberikannya. Ia adalah seorang yang ahli dalam menyampaikan cerita serta menceritakan sesuatu dengan benar-benar hidup dan dramatis.

Ia terkesan tidak memikirkan hari esok, seorang yang “Easy Going”. Hari ini adalah hari yang berbahagia, hari esok lain urusannya. Ia memiliki hasrat untuk bersenang - senang yang tinggi, suka ketenaran, perhatian, kasih sayang dan dukungan dari orang lain. Ia begitu ramah dengan semua orang, simpatik, lemah lembut dan punya perhatian yang besar terhadap orang lain. Ia manusia yang tak pernah bosan dengan hidup ini.

Seorang sanguin tidak pernah kehilangan kawan, sebab ia sangat terbuka secara spontan. Mereka Ia tidak pernah kehilangan kata-kata walaupun kadang ketika ia berbicara tidak dipikirkan terlebih dulu. Ia selalu dikelilingi teman-temannya, di mana ia menjadi pusat perhatian. Ia menjadi favorit dari anak-anak maupun orang dewasa karena cerita-cerita atau leluconnya yang tak pernah berakhir (dikira pelawak?). Karena sikapnya yang periang, humoris, ramah, dan suka berkawan, ia sering kelihatan memiliki keyakinan dan percaya diri lebih daripada sebenarnya.

Dengan sifatnya yang ceria, sanguin memiliki kharisma yang alamiah, sebab itu boleh jadi seorang penjual yang berhasil. Umumnya dua pertiga penjual barang adalah orang sanguin. Di samping sebagai seorang penjual, sanguin juga berhasil bekerja sebagai aktor, penghibur, dan ulama. Mereka bisa menjadi MC yang berhasil, pemimpin lelang, atau pemimpin bidang lain (bila digabungkan dengan temperamen lain yang tepat). Dalam dunia politik, banyak yang menyukai orang sanguin yang memiliki kharisma. Pekerjaan apapun yang dilakukan oleh orang sanguin akan memberikan pengaruh pada banyak orang. Kontribusinya yang utama dalam kehidupan adalah membuat orang lain berbahagia. Mereka secara sukarela dalam melaksanakan tugas, selalu memikirkan kegiatan baru. Kreatifitas dan inovasi yang memberikan energi dan antusiasme yang dapat mempesona orang lain untuk bekerja.

Sayangnya, orang sanguin memiliki emosi yang tidak stabil. Pengaruh dan kejadian luar dengan gampang masuk kepikiran dan perasaaannya, yang membangkitkan respons yang meledak - ledak. Perasaan lebih berperan dari pikiran refleksif dalam bentuk keputusan. Ia bisa jatuh cinta dengan seorang hari ini, kemudian dengan seorang lagi pada hari yang lain. Pendiriannya tidak tegas, dan karena itu ia tidak segan-segan untuk berbohong. Karena senang dengan memukau orang, sampai-sampai sebuah fakta dilebih-lebihkan. Pintar membuat sensasi. Kalau orang sanguin melihat sepeda bertabrakan dengan sepeda, ia akan menceritakannya seakan-akan pesawat bertabrakan dengan pesawat. Sifat kekanak-kanakannya sangat menonjol, dan suka mendominasi percakapan. Sehingga tampak egois dan omong besar.

Kelemahan lain yang dimiliki orang sanguin adalah tidak disiplin. Terlalu banyak waktu yang dibuangnya, sehingga banyak pekerjaan yang tidak selesai. Walaupun orang sanguin menyelesaikan pendidikan tingginya tetapi banyak yang tidak bisa mencapai kemampuan puncaknya, ia sering tergoda untuk melakukan hal-hal yang bukan prioritasnya sehingga dia sering keteteran pada hal-hal yang penting.┬áIa tidak terdesak dengan target waktu. Makanya kalau orang sanguin sering datang terlambat, kita tidak usah heran. Ia bisa memasuki sebuah pertemuan rapat dalam keadaan tenang tanpa merasa “berdosa”. Umumnya berpikir pendek, susah berkonsentrasi dan tidak teratur. Mereka dapat stres jika terjebak dalam situasi yang mana hidupnya terasa tidak menyenangkan karena orang sanguis takut untuk tidak populer.

Dengan kemampuan berbicara yang lihai maka dia sangat mudah menyesatkan orang lain. Sanguin akan dengan mudah meyakinkan sesuatu hal walaupun sebenarnya itu hal yang tidak benar. Maka tidak mengherankan bahwa orang tipe sanguin sering berbohong dan sering selingkuh pada pasangannya. Namun demikian kebohongan seperti ini biasanya tak bertahan lama karena pada dasarnya ia tidak bisa menyimpan rahasia.

Sumber Artikel: Berbagai Sumber

 A-  A   A+   Rating:
Komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.
Kirim Komentar Anda
Nama
Email
Komentar
 Max Karakter
Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar di bawah.
Klik disini untuk reload kode pengaman.
* Jika anda member Hatikupercaya.com, silahkan Login atau Register
Pembaca dapat mengirimkan komentar artikel terkait yang ditampilkan dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Setiap komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Hatikupercaya.com akan menimbang setiap komentar yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menampilkan atau menghapus komentar tersebut.

Hatikupercaya.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
 
or
Username
Password